Bangunan Cagar Budaya Golongan C

Café Batavia, Kota Tua Jakarta



Cafe Batavia adalah sebuah kafe yang berada di daerah Kota Tua, bereksterior antik dengan arsitektur khas peninggalan zaman kolonial Belanda. Kafe yang berlaamat di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 14 ini posisinya berhadap-hadapan dengan Museum Sejarah Jakarta dan merupakan salah satu bangunan kedua tertua di wilayah ini setelah Stadhuis (sekarang Museum Sejarah Jakarta). Bangunan gedung Cafe Batavia didirikan antara tahun 1805 & 1850, pernah berfungsi sebagai tempat tinggal, gudang, kantor, art gallery dan kemudian café (yang terakhir adalah fungsinya hingga sekarang), sehingga masuk ke dalam Bangunan Cagar Budaya golongan C, dimana dapat dilakukan program revitalisasi maupun adaptasi namun arsitektur bangunan tetap dipertahankan. Pada 1993, bangunan ini dibeli oleh seorang warga negara Australia bernama Graham James, yang saat ini menetap di Pulau Bali. Hampir semua ruangan yang terdapat di Cafe Batavia masih menggunakan perlengkapan peninggalan pemiliknya di masa silam.

Suasana dalam Cafe Batavia persis dengan interior zaman Belanda dulu, dimana banyak ditempatkan kipas angin besar di langit-langitnya, dihiasi pula dengan kusen jendela yang besar-besar dan tempat duduk kayu jati dengan bantal motif kuno. Dindingnya dihiasi dengan foto-foto dari bintang film, politikus, tokoh-tokoh sejarah dan lain-lain. Perabotannya semua terkesan layaknya perabotan kuno yang terbuat dari kayu jati dan rajutan rotan. Ada juga cermin dengan pigura ukiran kayu antik.





Selain itu, posisi Cafe Batavia yang langsung menghadap ke Taman Fatahillah menjadikan kawasan di sekitar cafe ini ramai dikunjungi, sehingga kondisi tersebut dimanfaatkan beberapa pihak untuk membuka usaha penyewaan sepeda ontel yang dapat digunakan untuk berkeliling di kawasan Kota Tua Jakarta.

Sumber
http://www.mysteryofbatavia.com/?r=site/history/detail/116
http://www.expat.or.id/restaurants/cafebatavia.html
http://www.inijie.com/2010/04/15/cafe-batavia-a-blast-to-the-past-at-kota-tua-jakarta-%E2%80%93-part-3/

Komentar

Postingan Populer