WARNA PADA HUNIAN : CERMINAN PRIBADI SANG PEMILIK



Pada saat anda menatap sebuah rumah, hal pertama yang menarik perhatian anda adalah warna (color scheme) rumah tersebut, baru kemudian desain arsitektur bangunannya. Sebagai salah satu komponen utama dari sebuah rumah, warna juga membawa pengaruh baik buruknya kualitas rumah, desain rumah dan tampak bangunan yang menarik, dan karakter ruang yang berpengaruh terhadap kejiwaan penghuni rumah.

Penelitian membuktikan bahwa pemilihan warna rumah yang tepat mampu memberikan beberapa efek yang baik bagi penghuninya, menstimulasi, menenangkan, menenteramkan, menjernihkan, menyembuhkan kesehatan fisik dan kesehatan mental penghuni. Dengan pemilihan warna yang tepat, maka rumah dan juga ruangan-ruangan yang ada didalamnya dapat di setting untuk menjadi tempat dengan aneka macam fungsi. Menurut desainer interior Erlavina Prahesti, warna pada hunian adalah gambaran tentang kepribadian masing-masing individu yang ingin diungkapkan pada tema hunian. Sebab, impian setiap orang berbeda-beda, begitu pula keinginan dan kesukaan.

Sebelum menentukan warna pilihan, pertimbangkanlah dahulu siapa yang akan menggunakan ruang tersebut, berapa usia rata-rata pengguna, dan bagaimana karakter umum masing- masing anggota keluarga. Sebagai contoh, kamar tidur utama orangtua, ruang kerja atau ruang tamu dapat memilih warna lembut dan dingin, sedangkan kamar tidur anak-anak, ruang bermain dan belajar, memanfaatkan warna terang yang cerah ceria. Untuk ruang keluarga, ruang makan, dan dapur merupakan perpaduan warna lembut dan hangat atau dapat pula memakai warna-warna bumi yang lebih netral.

Efek sumber cahaya alami maupun buatan terhadap tampilan warna perlu dipertimbangkan. Sinar matahari (warna-warni) atau sinar lampu (putih/kuning) terhadap warna akan menghasilkan efek warna yang berbeda-beda, pada pagi, siang, sore atau malam hari. Warna yang dipilih pun akan mempengaruhi kesan besar kecil ruang dan tampak bangunan. Warna gelap akan membuat ruang terasa terbatas cenderung menyempit. Sebaliknya warna terang memberi kesan lebih luas.



Jangan lupa hati-hati memilih cat yang tersedia di pasaran. Pilihlah cat dengan merek dagang jelas, berkualitas bagus, tidak mengandung bahan beracun (tertulis : free toxic, no added mercury) dan memiliki pilihan warna asli yang cukup banyak (bukan oplosan).

Bagi pengikut feng shui yang fanatik, pemakaian warna dalam mendekorasi rumah biasanya mensyaratkan batasan yang cukup ketat. Bagi yang moderat, mewarnai rumah merupakan wahana eksplorasi karakter kepribadian diri dan bebas mengekspresikan gairah hidup sehat yang lebih baik dalam rumah. Berikut sejumlah warna dan "makna"-nya menurut fengsui :

Oranye



Warna gembira yang membawa kesegaran dan pembaruan dalam kehidupan. Sangat bagus untuk dapur dan ruang bermain. Warna oranye yang lebih muda cocok untuk ruang keluarga di mana dibutuhkan suasana gembira dan santai.

Merah



Adalah warna yang keras, sangat baik untuk membuat Anda tetap bersemangat. Warna ini cocok untuk sebuah ruang makan agar para tamu tetap gembira dan bersemangat. Tetapi bukan warna yang baik untuk ruang tidur, kecuali Anda sangat membutuhkan "banyak gairah".

Hijau



Warna yang menyiratkan penyembuhan dan kedamaian, baik untuk ruang keluarga dan ruang tidur. Hal ini akan dapat menjaga keseimbangan dan membawa pembaruan pada diri Anda.

Biru



Warna yang menyiratkan penyembuhan dan membawa suasana santai. Sangat baik untuk digunakan pada ruang di mana seseorang sedang menderita sakit. Dan juga akan membuat penghuninya menjadi tenang dan santai.

Ungu



Warna yang menimbulkan kesan kemewahan dan perubahan. Sangat baik untuk ruang meditasi atau ruang lain untuk memberikan kesan "mewah".

Kuning



Warna yang menunjukkan kebahagiaan, membawa suasana kreatif, dan penuh gairah. Sangat pas untuk dapur dan kantor di mana kreativitas amat diperlukan. Juga sangat cocok untuk ruang tamu jika Anda tidak menginginkan para tamu terlalu lama bertandang.


Sumber
http://architectaria.com/memilih-warna-cat-untuk-rumah-anda.html
http://lifestyle.okezone.com/read/2011/03/22/30/437416/permainan-warna-pada-hunian

Komentar

Postingan Populer